• DANAU SUOH LAMPUNG BARAT

    Photo Flipbook Slideshow Maker

  • Meta

  • zwani.com myspace graphic comments
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

  • Arsip Bulanan

  • my facebook

Perbedaan Nafsu dan Cinta di Otak

 

Liputan6.com, Montreal: Apakah perbedaan cinta dan nafsu? Jawabannya bisa ditemukan dari bagian otak mana yang diaktifkan. Untuk pertama kalinya para ilmuwan mengidentifikasi bagian otak yang dirangsang oleh perasaan cinta dan nafsu.

Penelitian yang diterbitkan Rabu (20/6) di Journal of Sexual Medicine menganalisa sekitar 20 penelitian yang berhubungan dengan efek dari seks dan cinta di dalam tubuh.

Penelitian juga meliputi scan otak manusia yang melihat foto erotis, foto orang lain yang berhubungan dengan mereka, makanan, dan pemicu kesenangan lainnya.

Menurut peneliti, dua bagian otak yakni insula dan striatum adalah yang bertanggung jawab untuk melacak di mana nafsu seksual berkembang hingga menimbulkan perasaan cinta.

Nafsu memicu bagian otak yang mengontrol perasaan menyenangkan, yang berhubungan dengan seks dan makanan. Tetapi cinta memicu bagian otak yang berhubungan dengan kebiasaan.

“Kami menetapkan bahasa yang berbeda untuk mencintai dan hasrat seksual dan kecanduan,” kata Profesor Psikologi dari Concordia University di Montreal, Jim Pfaus, yang juga pemimpin penulis penelitian ini.

“Tetapi sungguh, mereka semua diproses di tempat yang sama. Ketika kita melihatnya, istilah cinta pada pandangan pertama mungkin tidak benar. Orang itu memiliki hasrat,” jelasnya.

Otak memperlakukan cinta seperti sebuah kebiasaan yang terbentuk dari waktu ke waktu. Jadi setelah nafsu, mungkin datanglah cinta. Dan perasaan cinta bergerak dari bagian otak yang berbeda yang memproses kebiasaan dan pola imbalan.

Ini menggambarkan, cinta sebagai kebiasaan yang terbentuk ketika hasrat seksual dihargai. Mekanisme otak ini melibatkan monogami dan koneksi di dalam bermacam-macam hubungan.

“Perubahan dari nafsu menjadi cinta adalah mekanisme ikatan di dalam berhubungan”.

Bagian otak yang dipicu kegiatan yang menyenangkan seperti makanan yang enak dan seks juga diaktifkan nafsu seksual. Dan bagian yang terlibat dalam proses cinta juga berhubungan dengan kecanduan obat.(ABCNews/nzherald/MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: